Soal Kompetensi Bidang Guru Mata Pelajaran Bagian 1

https://www.nyampling.com/2019/04/soal-kompetensi-bidang-satu.html
SOAL KOMPETENSI BIDANG
BAGI GURU MATA PELAJARAN 
SELEKSI CPNS

1.Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok masyarakat dan bangsa serta mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral…..
a. pre konvensional
b. konvensional .
c. post konvensional
d. inter konvensional

2. Masa anak berusia 13- 16 tahun mencapai tahapan perkembangan social dengan kesadaran hubungan aku engkau atau hubungan subyektif obyektif, tahapan dalam perkembangan ini berlangsung secara……
a. subyektif
b. subyektif menuju obyektif
c. pra puber menuju pubertas
d. obyektif

3. Perhatikan pernyataan berikut ini :
1. mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2. menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab siswa
3. menganalisis latar belakang, sosial, ekonomi, dan budaya orang tua mereka
4. mengevaluasi sistem PBM, secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar.
Pernyataan di atas yang merupakan langkah guru mengukur prestasi hasil
analisis evaluasi belajar adalah………
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4 .
d. 3 dan 4

4. Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru
a. memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktifitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas 
b. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas sangat positif
c. merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik berdasarkan penilaian non tes
d. melakukan wawancara tambahan dengan siswa yang beraktifitas kurang baik

5. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara:
a. pemberian penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam satu album sebagai bukti hasil belajar .
d. mengumpulkan gambaran hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertulis dan kemudian diberikan pengayaan dan remedial

6. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain:
a. menentukan criteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajar
c. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedial

7. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didiktampak pada kegiatan guru
a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa yang
remedial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah diserap dengan memperhatikan temuan, analisis evaluasi belajar siswa .
c. menggunakan rancangan pembelajaran yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d. merancang tes ulangan saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

8. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terletak dalam upaya guru
a. Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. Mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial disekitar kita

9. Kegiatan guru dalam: melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber; menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain; memfasilitasi terjadinya interaksi antar-peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didiksecara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan…………..
a. Elaborasi
b. Eksplorasi
c. Konfirmasi
d. Browsing

10. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu ……..
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
c. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
d. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

11.    Berkomunikasi  secara  efektif,  empatik  dan  santun  dengan peserta didik
dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal, yaitu dengan alur sebagai berikut  …
a.    1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) penyiapan kondisi psilogis peserta didik 3) respons peserta didik untuk merespons; 4) reaksi guru terhadap respons peserta didik.
b.    1. reaksi guru terhadap respons peserta didik; 2. penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 3. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4. respons peserta didik untuk merespons;
c.    1) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2) respons peserta didik untuk merespons; 3) reaksi guru terhadap respons peserta didik; 4) penyiapan kondisi psilogis peserta didik
d.    1) penyiapan kondisi psilogis peserta didik, 2) memberikan pertanyaan atau tugas  sebagai  undangan  kepada peserta didik untuk merespon; 3) respons peserta didik untuk  merespons;  4) reaksi  guru  terhadap  respons  peserta didik.

12.    Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada….
a.    Metode pembelajaran
b.    Pendekatan pembelajaran
c.    Strategi  pembelajaran
d.    Gaya pembelajaran

13.    Ketuntasan Belajar minimal (KKM) ditentukan oleh faktor-faktor di bawah ini, Kecuali ….
a.    Intake Siswa
b.    Tingkat kesulitan
c.    Sarana pendukung
d.    Orang  Tua Siswa

14.    Jenis-jenis    pembelajaran    dapat    diklasifikasikan    sebagai    berikut:
a.    fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikap
b.    fakta,  konsep,  prinsip,  definisi, aksioma
c.    fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedur,  fungsi
d.    fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur

15.    Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….
a.    kompetensi  dasar
b.    standar kompetensi
c.    indikator
d.    metode pembelajaran

16.    Dibawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar :
1.    potensi peserta didik, karakteristik mata pelajaran, relevansi dengan karakteristik daerah
2.    tingkat perkembangan fisik intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik
3.    kebermanfaatan bagi peserta didik, struktur keilmuan, aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
4.    kemampuan guru dan ketersediaan  referensi
5.    relevansi dengan kebutuhan peserta didik, tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6.    dana yang tersedia
Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu,guru harus memperhatikan antara lain nomor….
a.    1, 2, 3, 4    b. 2, 3, 5, 6    c.  1, 2, 3, 5    d. 1, 2, 4, 5    e.  3, 4, 5, 6

17.    Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai  berikut……..
a.    menentukan kriteria keberhasilan  belajar
b.    mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian  belajarnya
c.    mencari    letak    kelemahan    secara    umum    dilihat    dari    kriteria keberhasilan   yang diharapkan
d.    merencanakan  pengajaran remidi

18.    Upaya    merancang    pengayaan    bagi    peserta    didik    yang    mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam  kegiatan guru sebagai berikut:
a.    memberikan  tambahan  materi  berupa  sumber  ajar  dari pengarang
yang berbeda
b.    memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tingi
c.    memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya  yang sesuai.
d.    diberikan   materi   bahan  ajar  yang   lebih   tinggi  tingkatannya dan
pengerjaan   soal-soalnya  yang memiliki   kesulitan tinggi


19.    Dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar, seorang guru perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.    Semua indikator ditagih dengan berbagai teknik penilaian, analisa hasil penilaian, melaksanakan program  perbaikan dan pengayaan
b.    Melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, analisa hasil penilaian, sebagian indikator ditagih  dengan berbagai teknik penilaian
c.    Analisa hasil penilaian, belum melaksanakan program perbaikan dan pengayaan, semua indikator ditagih dengan  berbagai teknik penilaian
d.    Melaksanakan hasil penilaian dan melaksankan program perbaikan dan pengayaan
e.    Semua   indikator   ditagih   dengan   berbagai   teknik   penilaian  dan
melaksanakan   analisa  hasil penilaian


20.    Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegian refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk….

a.    mengukur ketuntasan peserta  didik
b.    mengukur efektivitas proses pembelajaran
c.    mengukur   hal-hal  yang belum  dipahami   peserta didik
d.    menentukan langkah-langkah  pertemuan berikutnya


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel