Soal Kompetensi Bidang Guru Mata Pelajaran Bagian 2

https://www.nyampling.com/2019/04/soal-kompetensi-bidang-dua.html
SOAL KOMPETENSI BIDANG <SKB>
GURU MATA PELAJARAN
SELEKSI CPNS
BAGIAN II

01.    Standar Penilaian Pendidikan diatur dalam Permendikbud RI Nomor …
a.    Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016
b.    Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2016
c .    Permendikbud s RI Nomor 24 Tahun 2016
d.    Permendikbud RI Nomor 25 Tahun 2016

02.    Untuk menghindari penilaian yang subjektif dan untuk memudahkan guru dalam menilai prestasi yang dicapai peserta didik, maka dalam penilaian ranah psikomotor guru menggunakan….
a.    soal pilihan ganda
b.    soal jawaban singkat
c.    soal uraian objektif
d.    tes performance

03.    Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….
a.    memberikan penilaian menyeluruh terhadaptugas-tugas peserta didik
b.    mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta  didik
c.    mengumpulkan    hasil    kerja    masing-masing    peserta    didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam  suatu  album  sebagai  bukti  hasil belajar
d.    mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi

04.    Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
a.    substansi,   konstruksi, bahasa
b.    substansi, konstruksi, validitas, skor
c.    substansi, bahasa konstruksi, skor
d.    substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
e.    substansi, konstruksi, validitas, reliabilitas

05.    Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
a.    Penentuan    tujuan    tes,    penyusunan    kisi-kisi    tes,    penulisan    soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
b.    Penyusunan    kisi-kisi    tes,    penulisan    kartu    soal,   penelaahan  soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil  tes
c.    Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan  acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument  penilaian
d.    Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan    kriteria,    menggunakan    berbagai    teknik    dan    instrument penilaian

06.    Pernyatan-pernyatan di bawah ini yang betul adalah….
a.    Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik, bahan laporan hasil  belajar, dan memperbaiki   proses pembelajaran
b.    Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan dalam bentuk penugasan, ulangan harian, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah
c.    Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran dan tanpa memperhatikan hasil penilaian oleh  pendidik
d.    Kriteria kelulusan Ujian Nasional (UN) dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala satuan pendidikan

07.    Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik meliputi  aspek…
a.    kepribadian, kognitif, afektif
b.    kognitif, kepribadian, psikomotor
c.    afektif, kognitif, mental
d.    kognitif,  psikomotor, afektif

08.    Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah  dengan cara….
a.    guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
b.  guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat  pembelajaran berlangsung
c.   guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
d.    guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

09.    Penilaian proses secara berkesinambungan oleh guru dapat dilakukan dengan cara…..
a.    memberikan penilaian terhadap aktivitas, tahap kemajuan dan hasil kerja siswa dari proses belajar di kelas maupun di luar kelas.
b.    memberikan   pre  test   maupun   pos  test   secara  tertulis  setiap kali proses pembelajaran
c.    mengadakan ulangan harian rutin secara  terjadwal
d.    mengadakan ulangan harian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada siswa

10.    Penilaian  merupakan  salah  satu  proses penting dalam penilaian. Prinsip-
prinsip    penilaian    yang    harus    dipedomani    adalah    penilaian    harus dilaksanakan secara….
a.    sahih    (valid),    adil,    terbuka,    bermakna,    menyeluruh,    terpadu, berkesinambungan, objektif, efisien dan efektif, sistematis, akuntabel
b.    terbuka, bermakna, adil, sahih (valid), efisien dan efektif, menyeluruh, terpadu, akuntabel, menggunakan  acuan norma
c.    sahih    (valid),    adil,    terbuka,    bermakna,    objektif    dan    efisien, berkesinambungan,  terpadu, menyeluruh
d.    sahih (valid), adil, objektif, terbuka, bermakna, menyeluruh, berkesinambungan,    terpadu,    sistematis,    menggunakan    acuan kriteria,  akuntabel

11.    Sebelum merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang harus dilakukan adalah :
a.    Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
b.    Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran
c.    Mengidentifikasi    materi    ajar    berdasarkan    materi    pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam  silabus.
d.    Menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan
e.    Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)

12.    Dalam merumuskan tujuan pembelajaran hal yang perlu diperhatikan adalah :
a.    Alokasi    waktu    yang    dibutuhkan    untuk    pertemuan    yang    telah ditetapkan
b.    SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan  (  terdapat  pada silabus  yang  telah disusun)
c.    Alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
d.    Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran

13.    Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah    :
a.    Standar Kompetensi
b.    Kompetensi Dasar
c.    Kompetensi  Dasar  Mata Pelajaran
d.    Kompetensi
e.    Standar  Kompetensi Lulusan

14.    Kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan/atau semester untuk mata pelajaran tertentu adalah :
a.    Standar Kompetensi
b.    Kompetensi  Dasar
c.    Standar Kompetensi Mata  Pelajaran
d.    Kompetensi
e.    Standar  Kompetensi Lulusan

15.    Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini, KECUALI ..
a.    Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan  proses pembelajaran
b.    Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan  kehidpan nyata
c.    Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin  diri
d.    Melakukan  penilaian   kelas  secara  acak terhadap  SK dan KD

16.    Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir
a.    Berhubungan dengan  mencari keterangan  (dealing with retrieval)
b.    Memproses (processing)
c.    Menerapkan   dan Mengevaluasi
d.    Perilaku yang Kreatif

17.    Dalam mengembangkan indikator hendaknya :
a.    Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi
b.    Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam  mata pelajaran;
c.    Adanya   keterkaitan   standar   kompetensi   dan   kompetensi   dasar antarmata pelajaran.
d.    Sesuai dengan karakteristik  peserta didik, mata  pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja  operasional   yang  terukur  dan/atau  dapat diobservasi

18.    Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti  /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir….
a.    Berhubungan dengan  mencari keterangan  (dealing with retrieval)
b.    Memproses  (processing)
c.    Menerapkan dan Mengevaluasi
d.    Perilaku yang Kreatif

19.    Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :
a.    Berisikan        pengetahuan,    ketrampilan,    dan    sikap    atau    fakta, konsep,    prinsip,    dan    prosedur    yang        harus    dipelajari    siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.
b.    Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.
c.    Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.
d.    Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.

20.    Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar  hendaknya mempertimbangkan berikut  ini, KECUALI
a.    Potensi peserta didik;
b.    Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik ;
c.    Kebermanfaatan   bagi pendidik/guru;
d.    Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi  pembelajaran;

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel