Cara Membuat Text Area di Blog | Pengertian dan Jenis




Bagaimana Membuat Text Area Pada Blog ~ Text Area adalah suatu area yang digunakan untuk menyimpan suatu text atau kode HTML tertentu yang terdapat di dalam blognya. Kode - kode bahasa pemograman ini diletakkan di teks area ini supaya pengunjung dapat mengkopi kode-kode tadi dengan mudah tanpa ada kode yang kurang atau dalam istilah kerennya "corrupt" jadi pada saat dipastekan di blog si pengunjung dapat berfungsi dengan baik.


Penempatan teks area ini ditempelkan pada postingan kita ataupun dapat juga ditempelkan pada menu widget HTML. Disini akan saya share beberapa cara membuat text area. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua Untuk memudahkan anda memahami Text Area, berikut adalah kode dasar atau standar untuk membuat text area:

A. Konsep Standar Text Area

Untuk penulisan kode - kode html Text Area dapat dilihat dibawah ini, dengan membuat kurung buka tutup yang isinya jenis teks area. Pada pembuatan teks area diawali dengan penulisan kode html <textarea> kemudian kalian masukkan teks atau kode html yang sudah di Parse terlebih dahulu. Kemudian tinggal ditutup dengan menuliskan </textarea>.  Untuk cara parse kode html dapat kalian baca disini   https://www.nyampling.com/2019/01/cara-menampilkan-kode-html-di-artikel.html

<textarea>TEKS YANG HARUS DIISI</textarea>

Maka Hasilnya Seperti ini :

 

B. Teks Area Terblok semua dengan sekali klik

Jika kalian ingin membuat teks area dengan sekali klik langsung terblok semua maka kalian tinggal ambil aja kode dibawah ini kemudian tempelkan pada halaman HTML di blogger. Bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan kode - kode html bisa ditambahkan dengan kode html yang lain,  seperti baris, jarak margin, jenis huruf dan lain-lain.

<div align="center"> <textarea rows="2" cols="35" onclick="this.focus(); this.select();">KLIK DISINI !!</textarea></div>;

Maka Hasilnya Seperti ini :


3. Teks Area Dengan Tombol "Highlight"

Pada teks area ini kalian tinggal mengklik tombol highlight maka teks akan terblok dengan sendirinya, disini sudah mulai banyak kode-kode html yang disematkan. Bagi kalian yang awam maka disarankan untuk mengcopy pastekan saja kode - kode html dibawah. Jangan lupa ganti teks yang diwarna merah ya.

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Highlight All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="HEIGHT: 100px WIDTH: 300px; " name="txt" rows="100" cols="45" wrap="virtual" >Kalian tulis text yang ingin ditampilkan disini kemudian lihat hasilnya , jika terlalu panjang maka otomatis akan terlihat scroolnya, nga' percaya ayo buktikan...!!!!</textarea></p></div></form>

Maka Hasilnya Seperti ini :


4. Cara Membuat Teks Area Terblok Semua Saat Disorot Mouse

Ini yang lebih hebat lagi, kalian tinggal menempatkan pointer mouse pada kotak yang akan di copykan kode htmlnya maka secara otomatis langsung ngeblok semua kode - kode html tersebut. jadi kalian tinggal mengcopy kemudian menempelkannya di blog kalian. Kelebihan cara ini dapat meminimalisir kesalahan dalam mengambil kode - kode html yang akan ditempelkan di blog kalian.

<div> <form name="RikiJunizar"> <div align="center" style="margin-bottom: 0pt; margin-top: 0pt;"> <textarea ;="" cols="55" name="txt" onmouseover="this.form.txt.select()" rows="100" style="height: 50px; width: 300px;">coba arahkan mouse ke teks ini !!</textarea></div> </form> </div>

Maka Hasilnya Seperti ini :


5. Cara Membuat Text Area Dengan Border

Untuk kalian yang mementingkan estetika dari teks area di blog kalian maka tidak salah jika kalian menempelkan kode - kode html untuk jenis teks area ini. Garis kotaknya dibuat titik atau dalam bentuk dot, sehingga dapat mempercantik text area di blog kalian. Kalian tinggal copy pastekan kode html dibawah ini di blog kalian.

<div align="center"><textarea cols="35" rows="2" style="border: 2px dotted red ;">KLIK AJA GAN !!</textarea></div>

Maka Hasilnya Seperti ini :


Beberapa keterangan yang bisa kalian rubah untuk scriptnya
  1. Kode 'cols' adalah  20 berarti berarti jumlah karakter yang ditampilkan dalam satu baris 20 
  2. Kode rows adalah 5 berarti jumlah baris yang akan ditamplkan oleh text area adalah 5 baris. Jika jumlah baris lebih panjang dari yang disediakan maka text area akan menampilkan scrolling. 
  3. Kode Height adalah 50 px ,berarti kode tersebut menyatakan tinggi text area 
  4. Kode Width adalah 50px, berarti kode tersebut menyatakan lebar text area.
  5. Kode Border adalah 2px dotted red, berarti garis kotak dalam bentuk titik - titik berwarna merah.

Penutup

Demikian sedikit postingan tentang "Cara Membuat Text Area di Blog | Pengertian dan Jenis"  Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Semoga postingan ini dapat bermanfaat.

Mohon kiranya sobat dapat sharing dikolom Komentar dan klik Emoticon sehingga saya dapat memperbaiki bila ada hal yang belum kurang memuaskan. Terima Kasih Atas Kunjungannya, Saya pasti akan Kunjungi Balik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel