Soal Kompetensi Bidang Guru Mata Pelajaran Bagian 5
SOAL KOMPETENSI BIDANG <SKB>
GURU MATA PELAJARAN
SELEKSI CPNS
BAGIAN V
1. Dalam standar nasional pendidikan di atur tentang jumlah siswa dalam satu kelas sesuai dengan satuan pendidikan. Di SMP jumlah siswa dalam satu kelas berdasarkan standar nasional yaitu 32 orang. Pengaturan jumlah siswa ini berdasarkan pendekatan dalam proses pembelajaran yaitu pendekatan …
a. kelompok dan klasikal
b. kelompok dan individual
c. individual
d. klasikal
2. Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Guru harus menggunakan metode pembelajaran dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran beraneka ragam. Agar metode yang digunkan tepat sasaran sehingga proses pembelajaran berhasil, maka beberapa factor harus menjadi pertimbangan guru dalam menggunakan metode tersebut. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam menggunakan metode pembelajaran yaitu….
a. karakateristik siswa, materi pembelajaran, indikator
b. tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, indikator
c. karakteristik siswa, materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, indikator
d. tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, karakteristik siswa
3. Seorang guru hendak mengajar di kelas yang mempunyai peserta didik sebanyak 38 siswa. Di dalam RPP guru merencanakan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model role playing. Untuk mendukung keterlaksanaannya kegiatan pembelajaran secara efektif, sesuai dengan yang direncanakan dan memperoleh hasil yang maksimal, maka yang harus dilakukan guru adalah ….
a. Pengaturan tempat duduk dibuat melingkar
b. Pengaturan tempat duduk dibuat setengah lingkaran
c. Pengaturan tempat duduk sebaris menghadap kedepan
d. Tempat duduk disingkarkan sementara
4. Guru tidak cukup berbekal buku teks ke dalam kelas. Guru perlu selalu menyiapkan bahan pelajaran (media) yang akan diamati siswa sebelum melakukan aktivitas belajar. Sehingga pembelajaran menjadi kontekstual. Guru tidak memulai dengan memberi tahu siswa (menahan diri untuk memberitahu) tapi mengajak siswa mencari tahu, Guru dan buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Kelas bukan satu-satunya tempat belajar. Pernyataan ini merupakan ciri pembelajaran scientific dalam proses …….
a. Menanya
b. Mengumpulkan informasi
c. Mengobservasi
d. Mengasosiasi
5. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa mengeluh karena mereka tidak dapat menerima penjelasan guru dengan baik, hal tersebut disebabkan karena guru tidak memberikan catatan di papan tulis maupun memanfaatkan media dan alat peraga sesuai dengan materi yamg diberikan. Hampir semua siswa mengeluhkan hal yang sama. Berdasarkan situasi di atas jika guru akan menilai konsep yang memiliki cakupan luas
dan aspek penilaian yang harus diperhatikan sesuai dengan karakteristik siswa, maka kecenderungan yang dimiliki siswa adalah . . . .
a. Auditif
b. Tektif
c. Visual
d. Gustative
6. Dalam membuat perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk menumbuhkan motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar. Prinsip yang mendasari ketentuan di atas adalah . . . .
a. Memperhatikan perbedaan individu siswa
b. Mendorong partisipasi aktif siswa
c. Mengembangkan budaya membaca
d. Memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan
7. Pernyataan berikut yang merupakan prinsip konstruktivisme dalam pembelajaran kontektual adalah . . .
a. Proses pengembangan atau mengembangkan pengetahuan baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman,
b. Proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir sistematis,
c. Proses belajar sebagai contoh untuk menunjukan sesuatu yang dapat
ditiru oleh setiap siswa,
d. Proses penyelesaian pengalaman yang telah dipelajari dilakukan dengan menyortir peristiwa atau kejadian yang telah dipelajari.
8. Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali ….
A. melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, dan semester, kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran.
B. menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
C. mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu.
D. melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.
9. Perhatikan Pernyataan berikut ini
Dalam pelaksanaan pendidikan budi pekerti, Ki Hadjar Dewantara menggunakan sistem among sebagai perwujudan konsepsi beliau dalam menempatkan peserta didik sebagai sentral proses pendidikan. Dalam sistem among, maka setiap pamong (pendidik) sebagai pemimpin dalam proses pendidikan diwajibkan bersikap ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani.
Makna dari Ing Ngarsa Sung Tuladha dalam implementasi pendidikan budi pekerti ialah ….
A. pendidikan budi pekerti tidak dapat terinternalisasi dalam diri peserta didik dengan sendirinya, oleh karena itu keberhasilan pendidikan budi pekerti menuntut pentingnya contoh yang baik dari pendidik terhadap peserta didik.
B. pendidik hendaknya mampu menumbuhkembangkan minat, hasrat dan kemauan peserta didik untuk dapat kreatif dan berkarya, guna mengabdikan diri kepada cita-cita yang luhur dan ideal.
C. pendidik memberi kebebasan, kesempatan dengan perhatian dan bimbingan yang memungkinkan peserta didik atas inisiatifnya sendiri dan pengalamannya sendiri, supaya mereka berkembang menurut garis kodrat pribadinya.
D. pendidikan budi pekerti perlu didukung oleh pendidik yang mampu membina kehendak, kemauan dan hasrat untuk mengabdikan diri kepada kepentingan umum, dan kepada cita-cita yang luhur.
10. Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?
A. Standar Kompetensi Lulusan
B. Standar Kompetensi
C. Kompetensi Inti
D. Kompetensi Dasar
11. Salah satu tujuan perbaikan buku teks pelajaran pada penyempurnaan kurikulum 2013 adalah
A. memastikan kredensial penulis, penelaah, penilai, dan pereviu secara terbuka dan dapat dihubungi oleh pengguna/pembaca
B. memastikan langkah-langkah pendekatan saintifik sudah dituliskan dalam buku
C. mengefisienkan biaya pencetakan dan penditsribusian buku pelajaran
D. memperbanyak ilustrasi, gambar, dan peta konsep pembelajaran dan penilaian
12. Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari penyempurnaan kurikulum 2013 ialah
A. menghilangkan KD pada KI-1 dan KI-2 untuk Mapel selain Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
B. memperbaiki rumusan KD sehingga mudah dipahami dan menata keluasan, kedalaman, dan urutan kompetensi.
C. capaian kompetensi disesuaikan dengan jenis pengetahuan dan tingkat perkembangan berpikir.
D. pembelajarn saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran
13. Penyempurnaan Kurikulum 2013 pada aspek penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik ialah ….
A. penilaian sikap mendapat porsi lebih besar daripada penilaian pengetahuan dan keterampilan.
B. penilaian sikap tidak harus dinilai pada setiap KD dan bertujuan membina, memperbaiki, dan mengembangkan sikap dan karakter peserta didik.
C. penilaian sikap diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan peserta didik tentang sikap yang baik dan sikap yang perlu bimbingan.
D. penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan untuk setiap KD dengan menggunakan hanya satu teknik dan instrumen penilaian.
14. Karakteristik silabus pada implementasi Kurikulum 2013 setelah penyempurnaan yaitu ….
A. berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun RPP.
B. hanya menyajikan aspek KD, Materi Pokok, dan Pembelajaran.
C. Disajikan secara sederhana sehingga mudah dipahami.
D. Kurang detail dan kurang memberi peluang kreativitas guru.
15. Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan.
(1) Kemampuan berpikir mencakup: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
(2) Kemampuan belajar mencakup: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
(3) Kemampuan pikir dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.
(4) Kemampuan praktiklaboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
16. Berikut terkait dengan tahap MENGAMATI dalam pembelajaran yang menerapkan metode saintifik, kecuali ....
A. siswa mengumpulkan data yang relevan dengan pertanyaan atau KD
B. siswa mengamati fenomenon dengan indera dengan atau tanpa alat
C. siswa menemukan apa saja yang belum diketahui terkait fenomenon
D. yang diamati adalah fenomenon alami atau disajikan melalui video/audio/gambar
17. Kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah merumuskan pertanyaan (masalah), membuat rancangan pengumpulan data/informasi, mengumpulkan data/informasi dengan teknikyang sesuai dan menganalisis data / informasi, merumuskan simpulan (menjawab pertanyaan), dan menerapkan / menggunakan “temuan” dalam kehidupan dikenal sebagai ....
A. inquiry/discovery learning
B. problem-based learning
C. cooperative learning
D. project-based learning
98. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran.
(2) Memandu dan memberi kesempatan peserta didik untuk memotret dan merefleksi kondisi pembelajaranya serta menentukan langkah selanjutnya
(3) Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standar, dan kompetensi
(4) Pendidik menilai perkembangan dan “kebutuhan” pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikulum, standar, dan kompetensi
(5) Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya
(6) Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang relavan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif
Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning ditunjukkan oleh pernyataan nomor ….
A. (1) dan (4)
B. (2) dan (5)
C. (3) dan (6)
D. (4) dan (5)
19. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah anorganik. Beliau merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya diterapkan?
A. Tes lisan
B. Penilaian praktik
C. Penilaian produk
D. Portofolio
20. Rumusan indikator soal pilihan ganda berikut ini yang menggunakan kata kerja tidak operasional adalah ….
A. siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri penyakit malaria
B. siswa dapat menyebutkan contoh pasar persaingan sempurna
C. siswa dapat menuliskan sebuah kalimat pasif dengan benar
D. siswa dapat mengamati perubahan zat padat menjadi zat cair