Soal Kompetensi Bidang Guru Mata Pelajaran Bagian 5

https://www.nyampling.com/2019/04/soal-kompetensi-bidang-lima.html
SOAL KOMPETENSI BIDANG <SKB>
GURU MATA PELAJARAN
SELEKSI CPNS
BAGIAN V

1.    Dalam standar nasional pendidikan di atur tentang jumlah siswa dalam satu kelas sesuai dengan satuan pendidikan. Di SMP jumlah siswa dalam satu   kelas   berdasarkan   standar  nasional  yaitu   32  orang.  Pengaturan jumlah siswa ini berdasarkan pendekatan dalam proses pembelajaran yaitu pendekatan …
a.    kelompok dan klasikal
b.    kelompok  dan individual
c.    individual
d.    klasikal

2.    Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Guru harus menggunakan metode pembelajaran dalam setiap kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran beraneka ragam. Agar metode yang digunkan tepat sasaran sehingga proses pembelajaran berhasil, maka beberapa factor harus menjadi pertimbangan guru dalam menggunakan metode tersebut. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam  menggunakan metode pembelajaran yaitu….
a.    karakateristik siswa, materi pembelajaran, indikator
b.    tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, indikator
c.    karakteristik    siswa,    materi    pembelajaran,    tujuan    pembelajaran, indikator
d.    tujuan  pembelajaran,   materi  pembelajaran,   karakteristik  siswa

3.    Seorang guru hendak mengajar di kelas yang mempunyai peserta didik sebanyak 38 siswa. Di dalam RPP guru merencanakan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model role playing. Untuk mendukung keterlaksanaannya kegiatan pembelajaran secara efektif, sesuai dengan yang direncanakan dan memperoleh hasil yang maksimal, maka  yang harus dilakukan guru adalah ….
a.    Pengaturan tempat duduk dibuat melingkar
b.    Pengaturan tempat duduk dibuat setengah lingkaran
c.    Pengaturan tempat duduk sebaris menghadap kedepan
d.    Tempat  duduk  disingkarkan  sementara

4.    Guru tidak cukup berbekal buku teks ke dalam kelas. Guru perlu selalu menyiapkan bahan pelajaran (media) yang akan diamati siswa sebelum melakukan aktivitas belajar. Sehingga pembelajaran menjadi kontekstual. Guru tidak memulai dengan memberi tahu siswa (menahan diri untuk memberitahu) tapi mengajak siswa mencari tahu, Guru dan buku teks bukan satu-satunya sumber belajar. Kelas bukan satu-satunya tempat belajar. Pernyataan ini merupakan ciri pembelajaran scientific dalam proses …….
a.    Menanya
b.    Mengumpulkan  informasi
c.    Mengobservasi
d.    Mengasosiasi

5.    Saat kegiatan pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa mengeluh karena mereka tidak dapat menerima penjelasan guru dengan baik, hal tersebut disebabkan karena guru tidak memberikan catatan di papan tulis maupun memanfaatkan media dan alat peraga sesuai dengan materi yamg diberikan. Hampir semua siswa mengeluhkan hal yang sama. Berdasarkan situasi di atas jika  guru  akan  menilai konsep  yang memiliki cakupan luas

dan aspek penilaian yang harus diperhatikan sesuai dengan karakteristik siswa, maka kecenderungan yang dimiliki siswa adalah . . .  .
a.    Auditif
b.    Tektif
c.    Visual
d.    Gustative

6.    Dalam membuat perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk menumbuhkan motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar. Prinsip yang mendasari ketentuan di atas adalah . . .  .
a.    Memperhatikan  perbedaan individu siswa
b.    Mendorong  partisipasi   aktif siswa
c.    Mengembangkan budaya membaca
d.    Memperhatikan keterkaitan dan  keterpaduan

7.    Pernyataan berikut yang merupakan prinsip konstruktivisme dalam pembelajaran kontektual adalah . . .
a.    Proses pengembangan atau mengembangkan pengetahuan baru dalam  struktur  kognitif  siswa  berdasarkan pengalaman,
b.    Proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir sistematis,
c.    Proses belajar sebagai contoh  untuk menunjukan  sesuatu  yang dapat
ditiru oleh setiap siswa,
d.    Proses penyelesaian pengalaman yang telah dipelajari dilakukan dengan menyortir peristiwa atau kejadian yang telah dipelajari.

8.    Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut,    kecuali ….
A.    melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, dan semester, kegiatan membaca 15 menit sebelum  pembelajaran.
B.    menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.
C.    mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu  tertentu.
D.    melakukan   analisis   kebutuhan   dan  mengkaji  isu-isu  yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta  didik.

9.    Perhatikan Pernyataan berikut  ini
Dalam pelaksanaan pendidikan budi pekerti, Ki Hadjar Dewantara menggunakan sistem among sebagai perwujudan konsepsi beliau dalam menempatkan peserta didik sebagai sentral proses pendidikan. Dalam sistem among, maka setiap pamong (pendidik) sebagai pemimpin dalam proses pendidikan diwajibkan bersikap ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun  karsa,  dan tut wuri handayani.

Makna dari Ing Ngarsa Sung Tuladha dalam implementasi pendidikan budi pekerti    ialah ….
A.    pendidikan budi pekerti tidak dapat terinternalisasi dalam diri peserta didik dengan sendirinya, oleh karena itu keberhasilan pendidikan budi pekerti menuntut pentingnya contoh yang baik dari pendidik terhadap  peserta didik.
B.    pendidik hendaknya mampu menumbuhkembangkan minat, hasrat dan kemauan peserta didik untuk dapat kreatif dan berkarya, guna mengabdikan diri kepada cita-cita yang luhur dan  ideal.
C.    pendidik memberi kebebasan, kesempatan dengan perhatian dan bimbingan yang memungkinkan peserta didik atas inisiatifnya sendiri dan pengalamannya sendiri, supaya mereka berkembang menurut garis kodrat pribadinya.
D.    pendidikan budi pekerti perlu didukung oleh pendidik yang mampu membina kehendak, kemauan dan hasrat untuk mengabdikan diri kepada kepentingan umum, dan kepada cita-cita yang  luhur.

10.    Manakah    yang    merupakan    muara    utama    pencapaian    semua    mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?
A.    Standar Kompetensi Lulusan
B.    Standar Kompetensi
C.    Kompetensi Inti
D.    Kompetensi Dasar

11.    Salah satu tujuan perbaikan buku teks pelajaran pada penyempurnaan kurikulum 2013 adalah
A.    memastikan kredensial penulis, penelaah, penilai, dan pereviu secara terbuka dan dapat  dihubungi oleh pengguna/pembaca
B.    memastikan langkah-langkah pendekatan saintifik sudah dituliskan dalam buku
C.    mengefisienkan    biaya    pencetakan    dan    penditsribusian    buku pelajaran
D.    memperbanyak ilustrasi, gambar, dan peta konsep pembelajaran dan penilaian

12.    Pernyataan berikut yang bukan merupakan bagian dari penyempurnaan kurikulum 2013 ialah
A.    menghilangkan    KD   pada    KI-1    dan   KI-2   untuk  Mapel   selain Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan PPKn.
B.    memperbaiki rumusan KD sehingga mudah dipahami dan menata keluasan, kedalaman, dan urutan kompetensi.
C.    capaian   kompetensi  disesuaikan  dengan  jenis  pengetahuan  dan tingkat  perkembangan berpikir.
D.    pembelajarn saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan  pendidik dalam pembelajaran

13.    Penyempurnaan Kurikulum 2013 pada aspek penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik ialah ….
A.    penilaian sikap mendapat porsi lebih besar daripada penilaian pengetahuan  dan keterampilan.
B.    penilaian sikap tidak harus dinilai pada setiap KD dan bertujuan membina, memperbaiki, dan mengembangkan sikap dan karakter peserta didik.
C.    penilaian sikap diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan peserta didik tentang sikap yang baik dan sikap yang perlu bimbingan.
D.    penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan untuk setiap KD dengan menggunakan hanya satu teknik dan instrumen penilaian.

14.    Karakteristik    silabus    pada    implementasi    Kurikulum    2013    setelah penyempurnaan yaitu ….
A.    berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun RPP.
B.    hanya menyajikan  aspek KD, Materi Pokok, dan Pembelajaran.
C.    Disajikan secara sederhana sehingga mudah  dipahami.
D.    Kurang detail dan kurang memberi peluang kreativitas guru.

15.    Berikut ini pernyataan tentang kompetensi  keterampilan.
(1)    Kemampuan berpikir mencakup: mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis,  mengevaluasi,  dan mencipta.
(2)    Kemampuan belajar mencakup: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan  mengomunikasikan.
(3)    Kemampuan pikir  dan  tindak mental  non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.
(4)    Kemampuan praktiklaboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.
Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka ….
A.   (1), (2), dan (3)
B.   (1), (2), dan (4)
C.    (1), (3),  dan (4)
D.   (2), (3),  dan (4)

16.    Berikut terkait dengan tahap MENGAMATI dalam pembelajaran yang menerapkan metode saintifik, kecuali ....
A.    siswa mengumpulkan data yang relevan dengan pertanyaan atau KD
B.    siswa mengamati fenomenon dengan indera dengan atau tanpa alat
C.    siswa menemukan apa saja yang belum diketahui terkait fenomenon
D.    yang diamati adalah fenomenon alami atau disajikan melalui video/audio/gambar

17.    Kegiatan pembelajaran dengan langkah-langkah  merumuskan pertanyaan (masalah), membuat rancangan pengumpulan data/informasi, mengumpulkan data/informasi dengan teknikyang sesuai dan menganalisis data / informasi, merumuskan simpulan (menjawab pertanyaan), dan menerapkan / menggunakan “temuan” dalam kehidupan dikenal sebagai ....
A.    inquiry/discovery learning
B.    problem-based learning
C.    cooperative learning
D.    project-based learning
98.    Perhatikan  pernyataan berikut!
(1)    Memungkinkan    pendidik    untuk    menentukan    langkah    dalam perbaikan dan peningkatan kualitas  pembelajaran.
(2)    Memandu  dan  memberi kesempatan  peserta  didik untuk memotret dan merefleksi kondisi pembelajaranya serta menentukan langkah selanjutnya
(3)    Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standar, dan  kompetensi
(4)    Pendidik menilai perkembangan dan “kebutuhan” pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikulum, standar, dan kompetensi
(5)    Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya
(6)    Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak  lain yang relavan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif

Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning  ditunjukkan oleh pernyataan nomor ….
A.   (1) dan (4)
B.   (2) dan (5)
C.    (3) dan (6)
D.   (4) dan (5)

19.    Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah anorganik. Beliau merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya diterapkan?
A.    Tes lisan
B.    Penilaian praktik
C.    Penilaian produk
D.    Portofolio

20.    Rumusan indikator soal pilihan ganda berikut ini yang  menggunakan kata kerja tidak  operasional   adalah ….
A.    siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri penyakit  malaria
B.    siswa dapat menyebutkan contoh  pasar persaingan sempurna
C.    siswa dapat menuliskan sebuah kalimat pasif dengan  benar
D.    siswa  dapat  mengamati   perubahan  zat padat  menjadi  zat cair

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel