Soal Kompetensi Bidang Guru Mata Pelajaran Bagian 4

https://www.nyampling.com/2019/04/soal-kompetensi-bidang-empat.html
SOAL KOMPETENSI BIDANG <SKB>
GURU MATA PELAJARAN
SELEKSI CPNS
BAGIAN IV

1.    Pandangan belajar sebagai perubahan tingkah laku yang relatif permanen merupakan pandangan belajar yang dipergunakan oleh teori belajar
a.    Behaviorisme
b.    Dognitivisme
c.    Cognitivisme
d.    Konstruktivisme

2.    Seorang guru merancang peralatan isi pembelajaran dengan  menggunakan peta konsep sebagai strategi untuk memudahkan belajar siswa keputusan guru tersebut menerapkan teori  :
a.    Behaviorsme
c.    Cognitivisme
b.    Dognitivisme
d.   Konstruktivisme

3.    Pengetahuan adalah subyektif dan dibangun oleh individu berdasarkan pengalaman sehari-hari. Pernyataan ini disampaikan  oleh
a.    Behavioris
b.    Kognitivis
c.    Kognitivis Behavior
d.    Konstruktivisme

4.    Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan disebut  …
a.    Standar Proses
b.    Standar  Kompetensi Lulusan
c.    Standar Sarana dan  Prasarana
d.    Standar  Pengelolaan

5.    Ujian Sekolah Bertsandar Nasional yang dilakan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, merupakan benuk penilaian yang dilakukan  oleh…
a.    Pendidik
b    Satuan Pendidikan
c.    Pemerintah
d.    Masyarakat

6.    “Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kalimat  tersebut  adalah ……………….
a.    Fungsi  dan tujuan  pendidikan  nasional
b.    Sasaran  pendidikan nasional
c.    Fungsi pendidikan nasional
d.    Arah kebijakan pembangunan nasional

7.    Standar nasional pendidikan RI terdapat dalam  ……………….
a.    Peraturan  Pemerintah  RI  Nomor 19 Tahun 2005
b.    Peraturan Pemerintah RI Nomor 20 Tahun 2005
c.    Peraturan Pemerintah RI Nomor 21 Tahun 2005
d.    Permendiknas RI Nomor 32 Tahun 2005
e.    Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007

8.    Memahami peserta didik secara mendalam, merupakan kompetensi guru dalam bidang …..
a.    Kompetensi  Pedagogik
b.    Kompetensi Professional
c.    Kompetensi Manajerial
d.    Kompetensi Kepribadian

9.    Seorang guru mampu Menguasai substansi keilmuan yang terkait bidang studi, merupakan kompetensi guru dalam bidang  …..
a.    Kompetensi Pedagogik
b.    Kompetensi  Professional
c.    Kompetensi Supervisi
d.    Kompetensi Kepribadian

10.    Seorang guru mampu merancang pembelajaran, memahami landasan pendidikan, merupakan kompetensi guru dalam  bidang …..
a.    Kompetensi  Pedagogik
b.    Kompetensi Professional
c.    Kompetensi Manajerial
d.    Kompetensi Kepribadian

11.    Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan sesama pendidik di sekolahnya, termasuk……..
a.    Kompetensi Pedagogik
b.    Kompetensi Professional
c.    Kompetensi Manajerial
d.    Kompetensi  Kepribadian

12.    Seorang guru mampu Memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan, merupakan kompetensi guru dalam bidang  …..
a.    Kompetensi Pedagogik
b.    Kompetensi Professional
c.    Kompetensi Manajerial
d.    Kompetensi  Kepribadian

13.    Seorang guru mampu Memfasilitasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi, merupakan kompetensi guru dalam bidang …..
a.    Kompetensi  Pedagogik
b.    Kompetensi Professional
c.    Kompetensi Kewirausahaan
d.    Kompetensi Kepribadian

14.    Seorang guru mampu berkomunikasi dan bergaul efektif dengan guru dan masyarakat, merupakan kompetensi guru dalam  bidang …..
a.    Kompetensi Pedagogik
b.    Kompetensi Professional
c.    Kompetensi Manajerial
d.    Kompetensi  Sosial

15.    Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empaat yaitu …….
a.    perencanaan,   tindakan,  pengamatan,   refleksi
b.    perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
c.    perencanaan, tindakan, refleksi, evaluasi
d.    evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi

16.    Seorang guru aktif dalam Pembinaan UKS dan Pembinaan Kepramukaan, ini berarti guru tersebut telah melaksanakan kompetensi  ………
a.    Kompetensi Pedagogik
b.    Kompetensi Professional
c.    Kompetensi Manajerial
d.    Kompetensi  Sosial

17.    Seorang guru gemar menulis Karya Tulis Ilmiah penelitian tindakan kelas (PTK), ini artinya guru tersebut telah melaksanakan dan mengembangkan kompetensi ….
a.    Kompetensi Pedagogik
b.    Kompetensi Professional
c.    Kompetensi Manajerial
d.    Kompetensi Kepribadian

18.    Pemahaman guru terhadap teori belajar sangat diperlukan agar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru memperhatikan aspek-aspek penting yang berkaitan dengan ciri dan karakteristik belajar. Ciri dan karakteristik belajar ini berimplikasi terhadap kesadaran guru dalam melihat siswa belajar. Beberapa ciri umum kegiatan belajar yaitu, pertama belajar menunjukan suatu aktivitas pada diri seseorang yang disadari atau disengaja, kedua belajar merupakan interaksi individu dengan lingkungannya, dan ketiga….
a.    hasil belajar ditandai  dengan perubahan pengetahuan
b.    hasil  belajar  ditandai   dengan  perubahan  tingkah  laku
c.    hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku dan  emosi
d.    hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku dan intelektual

19.    Ada beberapa aliran psikologi yang memberikan pandanganya terhadap belajar, yaitu teori psikologi klasik, teori psikologi daya, teori mental state, teori psikologi behaviorisme dan teori psikologi gestalt. Ke-lima aliran psikologi tersebut berpengaruh terhadap pendidikan terutama terhadap belajar. Salah satu aliran psikologi yang banyak berpengaruh terhadap teori belajar yaitu aliran psikologi behaviorisme sehingga memunculkan teori belajar behaviorisme. Menurut teori belajar behaviorisme  ….
a.    siswa belajar karena adanya stimulus sehingga membentukkebiasaan- kebiasaan
b.    siswa belajar karena adanya respon sehingga membentuk kebiasaan- kebiasaan
c.    siswa  belajar karena adanya stimulus dan respon secara  bersamaan
d.    siswa    belajar   karena   adanya   stimulus   yang kemudian  direspon sehingga  membentuk  kebiasaan-kebiasaan

20.    Pada saat melaksanakan proses pembelajaran guru harus mempertimbangkan aspek perkembangan siswa. Salah satu aspek perkembangan siswa yang harus diperhatikan yaitu perkembangan motoriknya. Perlakuan guru dalam proses pembelajaran yang mempertimbangkan aspek motorik siswa adalah....
a.    guru membagi kelompok siswa berdasarkan usia
b.    guru membagi kelompok siswa berdasarkan jenis kelamin
c.    guru membagi kelompok siswa berdasarkan kecerdasan
d.    guru  membagi  kelompok  siswa  berdasarkan   kemampuan kerja

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel