Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Bagian 5

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Bagian 5


Contoh Soal Tes Seleksi CPNS

Karakteristik Pribadi (TKP) Bagian 5
 
1.    Organisasi sedang mengalami permasalahan internal seputar manajemen keuangan. Pendapat saya terhadap kondisi ini adalah …
A.    Saya akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang terjadi dan mencoba memberikan alternatif solusi kepada pimpinan
B.    Seharusnya pimpinan puncak dapat menindak tegas yang terlibat dalam masalah ini
C.    Tidak mempersoalkan masalah tersebut karena bukan bagian tugas saya
D.    Pastikan    bahwa    kepala    keuangan    bertanggungjawab penuh terhadap masalah ini
E.    Perlu membeberkan permasalah kepada seluruh jajaran organisasi

2.    Saya ingin rekan-rekan kerja saya melihat kualitas diri saya yang terbaik sebagai seorang yang …
A.    Inovatif
B.    Disiplin dan penurut
C.    Mampu beradaptasi dan ramah
D.    Dapat memutuskan sendiri dan realistis
E.    Percaya diri dan mandiri

3.    Apabila anda diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil da sudah bekerja, apakah ada kemungkinan untuk membuat lamaran kerja baru diluar instansi anda?
A.    Ya
B.    Tidak
C.    Jika ada prospek yang lebih menjanjikan kenapa tidak !
D.    Tergantung situasi dan kondisi
E.    Tidak selama gaji dan kesejahteraan mencukupi

4.    Pimpinan kantor menggelar rapat kerja membahas penyusunan rencana kerja untuk tahun anggaran depan. Setiap pegawai diharapkan mempersiapkan usulan untuk kegiatan tahun depan. Respon saya adalah …
A.    Berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan meskipun nantinya ide tersebut tidak diterima
B.    Tidak berminat sama sekali untuk mengajukan suatu ide kegiatan
C.    Akan mengajukan suatu ide kegiatan jika diminta oleh pimpinan
D.    Mungkin berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan tergantung situasi dan kondisi
E.    Ragu-ragu mengajukan suatu ide kegiatan karena akan kecewa jika tidak diterima

5.    Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi notulen dalam rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan  Kepangkatan. Respon saya adalah …
A.    Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil keputusan rapat
B.    Dengan bangga saya akan menceritakan kepada rekan sejawat saya hasil keputusan rapat
C.    Memberitahukan    anggota    keluarga    tentang    hasil keputusan rapat
D.    Memberitahu    sahabat    saya    dikantor    tentang    hasil keputusan rapat
E.    Tidak membocorkan hasil keputusan rapat karena bukan wewenang saya

6.    Ketika sedang melakukan presentasi, saya mendapat pesan singkat (SMS), bahwa anak saya diopname di rumah sakit, reaksi saya adalah...
A.    Menghentikan presentasi dan langsung menuju rumah sakit.
B.    Mencari tahu tentang kondisi anak saya kemudian memutuskan tetap presentasi atau ke rumah sakit;
C.    Membalas pesan dan melanjutkan presentasi.
D.    Melanjutkan presentasi.
E.    Menghentikan presentasi dan mencari tahu kondisi anak saya

7.    Kondisi kerja yang paling saya harapkan adalah kondisi yang ....
A.    Menghasilkan tambahan penghasilan bagi saya.
B.    Menyediakan stabilitas pekerjaan kepada saya.
C.    Memberikan kemungkinan promosi jabatan kepada saya.
D.    Memberikan kesempatan beraktualisasi diri
E.    Memotivasi saya untuk bekerja lebih giat.

8.    Saya dipercaya untuk mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan dan masih harus dijaga kerahasiaannya. Ketika saya berada di antara temen- teman dekat di kantor, saya...
A.    Suka    menerima    masukan    demi    masukan    untuk pengembangan tugas baru saya.
B.    Membicarakan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan tugas baru saya
C.    Membatasi pembicaraan agar tidak membicarakan tugas baru saya.
D.    Merasa    gelisah    dan    kurang    senang    bila    mereka membicarakan tugas baru saya.
E.    Akan mengalihkan ke pembicaraan lain apabila mereka sudah mulai menyinggung tugas baru saya.

9.    Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya senang
A.    Bekerja dengan standar hasil tinggi.
B.    Pekerjaan yang menumbuhkan kreatifitas baru.
C.    Pekerjaan yang rutin.
D.    Pekerjaan yang menantang.
E.    Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih

10.    Dalam menyelesaikan tugas yang diberikan kepada saya , saya .....
A.    Selalu mencari alternatif lain agar tidak mengambil keputusan sendiri.
B.    Tidak berani mengambil keputusan sendiri.
C.    Selalu menunggu keputusan pimpinan.
D.    Berani mengambil keputusan karena tugas tersebut telah diberikan kepada saya.
E.    Menyadari bahwa keputusan pimpinan diperlukan jika keputusan tersebut di luar wewenang saya.

11.    Kantor tempat saya bekerja mengalami pergantian kepala kantor. Saya sangat dekat dengan kepala kantor lama. Tindakan saya...
A.    Pergantian pimpinan adalah hal wajar.
B.    Berusaha dekat dengan kepala yang baru.
C.    Tidak berusaha dekat dengan kepala yang baru karena takut dianggap penjilat
D.    Berusaha mengenal pribadi kepala baru tersebut dan menyesuaikan diri dengan cara kerja yang dijalankan.
E.    Bekerja dengan setengah hati.

12.    Dalam perjalanan ke kantor, kendaraan umum yang saya naiki tiba- tiba mogok di jalan. Yang harus saya lakukan adalah...
A.    Berusaha ke kantor dengan berjalan kaki sedapatnya.
B.    Menunggu kendaraan selesai diperbaiki.
C.    Berusaha mencari tumpangan untuk ke kantor.
D.    Mengabari teman di kantor minta untuk dijemput.
E.    Memarahi    pengemudi    kendaraan    karena    tidak memperhatikan kendaraan.

13.    Untuk mencapai tujuan yang saya harapkan, saya akan
....
A.    Berusaha dengan sekeras- kerasnya.
B.    Menyerahkan pada nasib.
C.    Meminta bantuan orang lain.
D.    Berusaha seadanya.
E.    Berusaha sesuai kemampuan dengan target yang jelas.

14.    Ide- ide yang saya kemukakan dihadapan orang banyak biasanya dianggap sebagai gagasan yang....
A.    Umum
B.    Jauh ke depan
C.    Usang
D.    Biasa saja
E.    Besar

15.    Atasan tiba-tiba memberikan tugas kepada saya, padahal saat itu saya sedang mengerjakan pekerjaan lain. Yang harus saya lakukan adalah ...
A.    Menunda tugas tersebut karena deadline- nya masih lama.
B.    Meninggalkan tugas yang lama dan mengerjakan tugas tersebut.
C.    Meminta teman mengerjakan tugas lama, kemudian mengerjakan tugas baru .
D.    Meminta teman untuk membantu mengerjakan tugas tersebut.
E.    Segera    menyelesaikan    tugas    saya    dan    kemudian menyelesaikan tugas tersebut.

16.    Pada saat menghadapi tugas yang berat dan menuntut kemampuan tinggi, maka saya....
A.    Mengerjakan sebisanya.
B.    Berusaha mencari penyelesaian yang tidak membutuhkan waktu panjang
C.    Berusaha sedikit demi sedikit untuk menyelesaikan walaupun memerlukan waktu panjang.
D.    Meminta teman untuk membantu mengerjakan tugas tersebut.
E.    Menyuruh    teman    untuk    menyelesaikan    tugas   baru tersebut.

17.    Sudah beberapa kali teman meminjam barang saya dan dikembalikan dalam keadaan rusak. Yang harus saya  lakukan adalah...
A.    Mengabaikannya, karena masalah kecil.
B.    Merasa tidak enak untuk menegur.
C.    Membiarkan, daripada kehilangan teman
D.    Memarahinya
E.    Memintanya untuk memperbaikinya

18.    Telah terjadi kesalahpahaman antara saya dan teman sekantor. Maka saya...
A.    Mengabaikannya, karena masalah kecil.
B.    Tidak peduli
C.    Biar saja asal tidak mengganggu pekerjaan.
D.    Merasa takut akan kehilangan teman.
E.    Berusaha    mencari    informasi    permasalahan    yang sebenarnya dan berusaha menyelesaikannya.

19.    Ketika sedang mengerjakan tugas bersama yang harus selesai pada hari itu juga, seorang teman meninggalkan terlebih dulu, maka saya...
A.    Memaksanya untuk tetap tinggal.
B.    Membiarkan saja
C.    Membujuknya untuk menyelesaikannya
D.    Memintanya untuk mempertimbangkan
E.    Meminta pertimbangan teman yang lain

20.    Dalam    menyelesaikan    sesuatu    biasanya    saya menggunakan cara yang ....
A.    Biasa saya gunakan dipadu dengan cara orang lain.
B.    Sudah menjadi kebiasaan saya
C.    Terlintas di pikiran saat itu
D.    Biasa digunakan orang lain
E.    Baru dan belum banyak yang menggunakan.

21.    Menurut saya, orang yang kehilangan kesempatan mengembangkan usahanya lebih disebabkan karena ...
A.    Bertahan pada cara yang telah ada
B.    Berfikir mencoba usaha lain
C.    Menunggu bantuan pihak lain
D.    Menunda ketika melihat resikonya
E.    Mundur begitu melihat resikonya

22.    Saya berhasil mengatasi tantangan terutama karena saya
...
A.    Nasib baik ada di tangan saya
B.    Mendapat bantuan dari teman
C.    Berani mencoba hal- hal yang tidak beresiko.
D.    Berani mencoba dengan segala resiko.
E.    Tidak putus asa menghadapi kegagalan

23.    Ketika memutuskan suatu tindakan yang berakibat buruk pada diri saya, maka saya...
A.    Menerima penuh segala resikonya
B.    Menyesali secara berkepanjangan keputusan tersebut.
C.    Menyalahkan orang lain yang membantu.
D.    Menerima akibatnya dengan setengah menyesal.
E.    Menyayangkan teman yang tidak mengingatkan saya.

24.    Apabila ada teman yang menilai saya jelek, maka saya akan....
A.    Sedih
B.    Tidak peduli
C.    Mawas diri
D.    Mencari kejelekan teman tersebut
E.    Mendatanginya untuk meminta penjelasan.

25.    Ketika berhasil dalam tugas, saya akan....
A.    Tidak perlu berusaha lagi
B.    Tidak peduli lagi untuk berusaha
C.    Tidak perlu lagi untuk berusaha
D.    Tetap berusaha sekuat tenaga
E.    Berusaha sesuai kondisi


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel