Cara Menampilkan Formulir Kontak di Sidebar Blog


Cara Menampilkan Formulir Kontak di Sidebar Blog
Menambahkan Formulir Kontak di Sidebar Blog | Panduan Terbaru - Pada sekitaran tahun 2015 awal pihak penyedia penyedia blog, yaitu Blogger menghadirkan juga widget formulir kontak atau contact form miliknya sendiri. Setelah cukup lama menunggu, akhirnya kita sabagai pembuat blog tidak lagi bergantung pada layanan pihak ke-3 untuk membuat halaman kontak pada situs atau blog kita.


Fungsi Formulir Kontak

Fungsi dari layanan Contact Form ini adalah sebagai jalur penghubung antara pembuat blog dengan para pengunjung situs atau blognya. Biasanya pengunjung juga ada yang masih bingung dengan artikel di posting atau juga bisa sharing masalah postingan dan juga biasanya ada suatu Perusahaan yang akan melakukan kerjasama baik dalam hal memasarkan produk.

Atau pun bisa juga meminta si pemilik blog untuk mereview produk yang mereka hasilkan. Sampai disini fungsi tentang formulir kontak yang ada di blog. Pengunjung dapat dengan mudah mengirimkan pesan kepada Anda langsung dari blog tanpa harus menulis email kita di situs atau blog.

Kelebihan Formulir Kontak Blogger Dengan Pihak Ketiga

Biasanya kita membuat formulir kontak menggunakan layanan pihak ketiga seperti 123ContactForm dan Foxyform. Kekurangan dari layanan ini adalah waktu pengiriman pesan yang mempunyai waktu tunggu lebih lama, misalnya para pengunjung mengirim pesan ke kita, pesan yang ditulis pengunjung tadi membutuhkan waktu yang agak lama untuk sampai ke email kita dikarenakan perjalanan dari Pengunjung ke Penyedia Layanan Pihak Ketiga kemudian dari pihak ketiga baru sampai ke kita sebagai pemilik blog atau situs.


Salah satu kekurangannya lagi, harus menggunakan kode html dari pihak ketiga yang harus disalin ke halaman kontak blog kita. Hal ini menyebabkan terkadang kita salah dalam menyalin kodenya, kadang terlewat atau kurang kodenya. Ini sangat berpengaruh sehingga menyebabkan Form Kontak tidak berfungsi. Kalau memang para pemilik blog yang sudah terbiasa dengan kode html, bagi yang awam pasti bingung dengan kode html yang bejibun tersebut.

Sebelum mengirim pesan pada layanan pihak ketiga kita diwajibkan memasukkan kode chaptcha yang diberikan, hal ini memakan waktu dalam memasukkan kode chaptchanya. Hal ini menurut saya kurang praktis diera yang serba modern ini. Sedangkan pada formulir kontak bawaan blogger kita langsung dapat mengirim pesan dengan sekali klik saja.

Langkah - Langkah Membuat Formulir Kontak

Nah pada postingan kali ini saya coba kasih tutor bagaimana cara menambahkan Formulir Kontak di blog kita secara praktis.
Langkah-langkah berikut akan memandu kalian dalam menambahkan formulir kontak di situs atau blog :





  • Silahkan Login Ke Blogger kalian terlebih dahulu






  • Pada Dasboard Blogger kalian cari "Tata Letak" kemudian scroll kebawah cari "Sidebar Right" klik "Tambahkan Gadget"






  • Kalian tinggal scroll ke bawah cari "Formulir Kontak" logo amplop warna biru lalu tinggal klik saja gambarnya atau tanda +


  • Menambahkan formulir kontak di blog







  • Kemudian akan muncul halaman Konfigurasi, silahkan ganti nama formulirnya bisa kalian coba Kontak Kami atau Hubungi Kami. Setelah itu kalian jangan lupa menyimpan dengan mengklik "Simpan Setelan"


    Menambahkan formulir kontak di blog




  • Kalian tinggal lihat di Blog kalian, untuk melihat form kontaknya. Contoh Formnya seperti gambar dibawah ini :


  • 1. Nama adalah nama pengunjung yang akan mengirimkan pesan
    2. Email * adalah alamat email pengunjung yang mengirimkan pesan.
    3. Pesan * adalah pesan yang pengunjung ingin mengirimkan kepada Anda.

    Sampai disini pembuatan form kontaknya sudah selesai, kemudian sekarang kita harus menguji formulir kontaknya apakah bekerja dengan baik atau tidak. Langkah - langkahnya adalah kalian Log Out dulu dari blogger terus buka blog kalian kemudian kalian ketikkan pesan kalian di formulir kontaknya, jangan lupa isi nama dan alamat email kalian ya, selesai tinggal kalian kirim. Tunggu berapa menit kemudian gmail kalian dan lihat di kotak masuk, Jika kalian berhasil membuat formulir kontaknya maka ada pesan seperti dibawah ini :

    Menambahkan formulir kontak di blog
    Bentuk Contact Form ini memiliki akurasi yang akurat karena memang widget bawaan dari penyedia blog serta lebih praktis karena tidak memiliki validasi captcha, serta form ini tidak akan diserang oleh spam bots sebagai tombol kirim yang dipicu oleh JavaScript.

    Ketika pengunjung mengirim pesan melalui form kontak, kalian akan menerima langsung di kotak masuk email tanpa harus menunggu lama. Salinan pesan ini akan dikirim ke setiap pengguna admin blog, jika Anda mengelo blog lebih dari satu email. Kalian dapat langsung membalas kembali pesan itu ke pengirim dari email kalian tanpa harus membuka blog terlebih dahulu.



    Penutup


    Demikian sedikit postingan tentang "Cara Membuat Text Area di Blog | Pengertian dan Jenis"  Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Semoga postingan ini dapat bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel