Inilah 5 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui dan Bayi

Nyampling.com ~ Inilah 5 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Menyusui dan Bayi. Disaat masa-masa menyusui, terkadang tidak boleh ada beberapa hal yang harus Anda hindari, salah satunya yaitu dalam pola makanan. Setiap jenis makanan pastinya ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak negatif saat dikonsumsi ketika menyusui. Maka dari itu, Anda harus cermat mengonsumsi makanan disaat masa-masa menyusui.

makanan-yang-harus-dihindari-ibu-menyusui

Setiap Ibu menyusui membutuhkan sekitar 500 kalori di dalam tubuhnya. Berarti Anda harus memroduksi kurang lebih 700 ml ASI setiap harinya supaya dapat memberikan ASI kepada sang buah hati. Untuk melakukannya, Anda harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan juga seimbang.
Selain makanan bergizi, ada juga makanan yang harus dihindari oleh Ibu yang sedang menyusui. Berikut ini adalah 8 jenis makanan yang harus dihindari ibu menyusui dan bayi!

1.    Jeruk

Jenis makanan Ibu menyusui yang harus dihindari salah satunya adalah jeruk. Jenis makanan yang satu ini dapat mengakibatkan sistem pencernaan bayi terganggu. Hal ini disebabkan pencernaan bayi masih belum sempurna, lebih baik Anda menghindarinya.

Biasanya Ibu menyusui yang memakan jeruk akan mengakibatkan bayi ruam popok. Alangkah baiknya Anda lebih memilih jenis buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C juga seperti jambu merah, pepaya, mangga dan lain-lain. Hal itu agar kondisi tubuh Anda tetap terjaga dengan baik.

2.    Brokoli

Jenis sayuran yang satu ini juga tidak boleh dimakan oleh Ibu menyusui. Meski brokoli mengandung nutrisi yang sangat tinggi, akan tetapi brokoli dapat menyebabkan perut bayi terasa mulas. Selain itu, mengonsumsi brokoli juga dapat membuat bayi mudah mengalami masuk angin.

Alangkah baiknya Anda sebaiknya berhenti untuk mengonsumsi makanan yang satu ini untuk sementara waktu. Anda bisa mengganti jenis makanan lainnya seperti bayam, wortel dan lain-lain. Bayam dan wortel justru sangat baik untuk dikonsumsi oleh Ibu menyusui maupun bayi.


3.    Makanan Pedas dan Bersantan

Jenis makanan Ibu menyusui yang harus dihindari yaitu makanan yang mengandung santan dan pedas. Memang, apabila Anda menikmati makanan yang rasanya pedas terasa nikmat di lidah. Akan tetapi, efek samping dapat menimpa diri Anda karena sistem pencernaan yang belum sempurna bisa mengakibatkan perut mulas.

Sementara untuk makanan yang mengandung santan juga sebaiknya Anda jangan mengonsumsinya terlebih dahulu. Hal ini guna memulihkan terlebih dahulu kondisi tubuh Anda, setelah itu baru mengonsumsinya kembali.

4.    Bawang Putih

Jenis makanan yang selanjutnya yaitu bawang putih. Tak disangka, ternyata bawang putih juga dapat berefek negatif apabila dikonsumsi oleh bayi yang baru lahir. Mencium baunya saja juga tidak diperkenankan. Maka dari itu, sebaiknya Anda menjauhkan bayi dari aroma-aroma bawang putih.

5.    Soda dan Kafein

Jenis makanan Ibu menyusui yang harus dihindari selanjutnya ialah makanan atau minuman yang mengandung soda dan kafein. Soda dan kafein akan berdampak negatif bagi perkembangan sang buah hati. Selain itu, kondisi Ibu menyusui juga dapat terganggu apabila mengonsumsi soda dan kafein.

Beberapa jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan minuman bersoda lainnya. Sebaiknya Anda menghindari apapun yang mengandung soda dan kafei agar kondisi Anda dan si bayi tetap terjaga kesehatannya.

Itulah beberapa informasi mengenai 5 jenis makanan yang harus dihindari ibu menyusui dan bayi. Dengan menghindari jenis makanan tersebut dapat membuat kondisi kesehaan Anda dan bayi menjadi lebih sehat. Semoga beberapa informasi tersebut bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel