Cara Membedakan Es Batu yang Terbuat dari Air Matang dan Air Mentah

Nyampling.com. Cara membedakan es batu yang terbuat dari air matang dengan air mentah. Saat cuaca lagi panas sekarang ya maka kita biasanya mencari minuman dingin karena dengan meminum air biasa tidak akan mengobati rasa haus di tenggorokan kita biasanya minuman dingin ini dicampur lagi dengan es batu biar seger katanya

Cara Membedakan Es Batu yang Terbuat dari Air Matang dan Air Mentah
Perbedaan Es Batu Air Mentah dan Air Matang

Es batu memang terkenal menghilangkan rasa dahaga kita apalagi pada saat musim kering seperti sekarang tetapi anda harus lebih waspada dalam mengkonsumsi es batu ini ya karena ditemukan di luar, pedagang menjual es batunya dengan cara enggak benar maksudnya biasanya es batu ini dibuat dengan air mentah. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda bagi si pedagang kemudian ada juga yang dicampur dengan bahan kimia berbahaya seperti kaporit agar es batunya terlihat lebih jernih.

Sebagai tindakan pencegahan maka anda perlu mengetahui bagaimana ciri - ciri es batu yang dibuat dengan air matang ataupun air mentah. Simak penjelasan berikut ini ya.

Faktanya es batu yang terbuat dari air matang akan cenderung terlihat bening.  

kenapa hal ini terjadi karena ikan kandungan udara nya sudah berkurang maka ketika proses pendinginan terjadi hanya sedikit gas yang terperangkap didalam es batu tersebut, es batu yang terbuat dari air matang ini terlihat lebih dari es batu yang terbuat dari air mentah.

Faktanya es batu yang terbuat dari air mentah umumnya terlihat berwarna putih seperti ada salju terperangkap. 

Di dalamnya terdapat gelembung-gelembung pada es batu tersebut. Jenis es batu yang terbuat dari bahan mentah tujuan awalnya kebanyakan dibuat bukan untuk dikonsumsi. Contohnya es batu berbentuk balok yang besar-besar biasanya digunakan untuk proses pendinginan ikan. Tetapi karena adanya tujuan untuk menghemat biaya maka air yang dipakai tanpa memalui proses mendidihkan lagi. Es batu yang berbahan air mentah apabila dikonsumsi akan membahayakan kesehatan tubuh apalagi diambil dari air sungai yang tercemar kebayangkan gimana.

Dilansir dari Daily Mail dalam sebuah penelitian pada es batu yang disajikan di restoran ternama hasilnya sangat mengejutkan es batu tersebut dengan terkandung bakteri yang jauh di atas batas normal yang ditetapkan sehingga es batu tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Menurut para ahli hal ini bisa saja terjadi dikarenakan mesin pembuat es atau tempat penyimpanan jarang sekali dibersihkan apalagi kurangnya kesadaran tentang mencuci tangan sebelum es batu tersebut.

Seperti dilansir oleh situs halosehat.com es batu yang terbuat dari air mentah lebih beresiko mengandung bakteri seperti escherichiacoli atau ecoli yang dapat menyebabkan diare ataupun penyakit lainnya pada orang yang meminum nya. Proses pembekuan pada saat pembuatan es batu tidak akan bisa mematikan bakteri bakteri yang terkandung di dalam air mentah tersebut.

Demikianlah sedikit cara membedakan es batu dari air matang dengan es batu yang terbuat dari air mentah. Semoga dapat bermanfaat .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel