Pilih HDD Atau SSD? Pengalaman Saya Setelah Beralih ke SSD

https://www.nyampling.com/2019/04/pilih-hdd-atau-ssd-pengalaman-saya.html


Nyampling ~ Pilih HDD Atau SSD? Pengalaman Saya Setelah Beralih ke SSD. Perkembangan gadget, semakin hari semakin canggih tak terkecuali dengan perangkat keras yang membangun sistem operasi suatu komputer. Dari mulai prosessor, ram, dan hdd semuanya dapat mengalami peningkatan baik dari segi performa maupun bentuk dari hardware tersebut.

Salah satu hardware yang mengalami hal itu adalah hardisk atau HDD. Hardisk adalah hardware yang berfungsi sebagai penyimpan data suatu komputer. Baik dalam bentuk file dokumen, file gambar dan file video.

Hardisk ini tersusun dari komponen piringan cakram atau disebut platter tempat menyimpan file. Cakram ini diputar oleh Spindel sehingga sesuai dengan RPM (Rotation Per Minute) tertentu. RPM ini menentukan seberapa cepat data dapat ditulis dan dibaca. HDD pada laptop biasanya RPMnya 5400 RPM sedangkan pada PC bisa mencapai 7200 RPM. Semakin cepat RPM maka semakin cepat pula proses transfer data. Lengan Aktuator dan Aktuator dapat mengendalikan baca dan tulis pada cakram, perintah ini diambil dari papan sirkuit. Sehingga motor pada aktuator dapat mengawasi proses baca dan tulis data di cakram atau platter.


Seiring berkembangnya jaman sekarang banyak beredar SSD. SSD atau Solid State Drive adalah perangkat penyimpan data dalam bentuk microchip yang terdiri dari banyak IC sebagai memori sehingga data yang tersimpan lebih cepat untuk dipanggil kembali bila sewaktu - waktu diperlukan. Loading dari SSD ini konon lebih cepat dari HDD, kecepatan SSD ini bisa mencapai 8 kali lebih cepat dari HDD

Keuntungan memakai SSD ini dapat dilihat adalah faktor dari loading suatu sistem operasi sehingga banyak digunakan sebagai hard drive dalam menginstall sistem operasi. Daya yang digunakan juga lebih kecil dibndingkan HDD. Sedangkan untuk kekurangannya, harga SSD untuk ukuran 240 gb saja setara dengan HDD 1 Tera. Hal ini sepadan dengan performa yang diberikan. Karena kecepatan loadingnya, maka SSD ini banyak digunakan sebagai tempat penginstalan sistem operasi PC ataupun Laptop.

Dari pengalaman saya memakai SSD, saat booting pertama sistem operasi sampai layar dekstop memerlukan waktu kurang dari 5 detik. Sedangkan untuk HDD bisa memakan waktu lebih dari 5 detik.

Kemudian sejak memakai SSD pekerjaan yang memerlukan banyak aplikasi atau multitasking terasa lebih ringan dibanding dengan memakai HDD. Hal ini juga menambah nilai plus untuk ketahanan dari perangkat keras yang lain karena tidak terlalu terbebani karena waktu loading yang cepat sehingga dapat membuat awet gadget kita.

Bagi kalian yang hobi maen game ataupun membutuhkan tugas multitasking sangat disarankan untuk memakai SSD. Tapi bagi kalian cuma untuk kebutuhan dalam pengetikan biasa maka tidak saya anjurkan karena selain harganya mahal dan performa tidak berpengaruh karena kegiatan pengetikan biasa.

Untuk Perbandingan kecepatan HDD dengan SSD dapat dilihat di video dibawah ini





Penutup


Demikian sedikit postingan tentang "Pilih HDD Atau SSD? Pengalaman Saya Setelah Beralih ke SSD Jangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Semoga postingan ini dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel